Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows 10

1 min read

cara mengatasi laptop hang

Laptop yang lancar saat digunakan untuk bekerja atau saat kita bermain game pasti hal tersebut membuat kita nyaman untuk memakainya, tapi kenyamanan tersebut bisa terganggu jika laptop yang sedang kita gunakan tiba-tiba hang. Saat hal tersebut terjadi, kalian bisa menerapkan beberapa cara untuk mengatasi laptop hang yang ada pada artikel ini.

Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows

Kalian bisa melakukan langkah – langkah yang di rekomendasikan oleh mastekno berikut ini untuk mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan, saat booting ataupun ketika sedang kalian gunakan.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Booting

  1. Restart laptop kalian terlebih dahulu, lalu masuk ke BIOS laptop atau komputer kalian. Setiap laptop mempunyai tombol yang berbeda pada saat mau masuk ke dalam mode BIOS, sesuai dengan merk laptop kalian.
  2. Setelah tampilan BIOS muncul, pilih Advance BIOS Features lalu cari yang berkaitan dengan BIOS Cache. Jika sudah, pilih disable pilihan tersebut.
  3. Lalu simpan dengan cara menekan tombol F10, lalu tekan enter.

Cara Mengatasi Laptop Not Responding

  1. Tekan tombol Ctrl+Shift+Esc, lalu pilih program yang not responding dan klik End Task.
  2. Untuk alternatifnya, coba kalian tean Ctrl+Alt+Del lalu pilih salah satu opsi. Jika kalian ingin mematikan program, pilih saja task manager dan lakukan seperti penjelasan yang diatas.
  3. Biasanya setelah kalian melakukan cara diatas laptop kalian akan normal kembali.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Bermain Game

Sebelum kalian mengatasi laptop hang saat bermain game, ada baiknya jika kalian mengetahui dahulu beberapa penyebab laptop menjadi hang saat bermain game, antara lain.

  1. Spesifikasi laptop yang kurang memadai.
  2. Masalah pada HDD.
  3. RAM atau VGA Card mengalami kerusakan.
  4. Kipas pada laptop mati.
  5. CPU dan VGA Card terlalu panas.
    Nah, untuk mengatasinya simak tulisan dibawah ini.
  6. Sesuaikan spesifikasi laptop dengan game yang diinstall.
  7. Pasang kipas tambahan.
  8. Periksa keadaan RAM dan VGA Card.
  9. Uninstall game tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Hang saat baru Dinyalakan

Saat startup windows, adakalanya laptop menjadi hang secara tiba-tiba. Hal tersebut mungkin dikarenakan beberapa hal, antara lain.

  1. Program windows bermasalah, hal tersebut busa dikarenakan missing file system, corrupt dan virus. Coba untuk scan Registry dengan CCleaner dan scan virus dengan program antivirus.
  2. RAM atau kipas kotor, solusi dari masalah tersebut adalah dengan membersihkan RAM menggunakan penghapus karet, kuas, atau vacum cleaner. Jika kalian ragu untuk melakukan hal tersebut, kalian bisa membawanya ke teknisi.
  3. Kemungkinan yang lain bisa kalian analisa dengan lebih baik. Mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh mother board yang bermasalah, jika ingin mencoba untuk memperbaiki sendiri, coba tanya kepada orang yang lebih ahli.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi laptop hang. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Mengenal Kucing Anggora

admin
1 min read

WhatsApp Pro

admin
2 min read

Aplikasi Agen Pulsa Termurah

admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *