5 Cara Mengatasi Jerawat yang Meradang dengan Bahan Alami

5 Cara Mengatasi Jerawat yang Meradang dengan Bahan Alami

Sabtu, 20 Mei 2017 Kecantikan 1399 Ashilla Zahra

Jerawat meradang adalah jerawat yang paling menjengkelkan, selain benjolan yang disebabkannya mengganggu penampilan, bengkak yang terjadi di area jerawat ini juga terasa sakit bila tersentuh sedikit saja. Dan yang jadi masalah besar, jerawat meradang seringkali menimbulkan bekas jerawat yang berlubang. Untuk itu diperlukan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat yang satu ini.

Berbicara mengenai cara mengatasi jerawat, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan, baik menggunakan bahan-bahan kimia, maupun dengan bahan alami. Namun kali ini Falony mau bahas cara mengatasi jerawat meradang dengan cara-cara alami ni. Selain karena aman dan tidak menimbulkan efek samping, cara alami juga bisa sangat mudah dilakukan karena bahan-bahannya mudah dicari.

1. Kunyit

kunyit

Kunyit atau kunir adalah bahan alami yang sangat mudah untuk ditemukan, rasa-rasanya hampir setiap rumah pasti memiliki bahan yang satu ini untuk memasak. Cara menggunakan kunir untuk mengatasi jerawat juga tergolong mudah, yakni dengan cara membuat masker kunyit.

Cara membuat masker kunyit sendiri adalah dengan cara mengupas masker kunyit, kemudian memarutnya hingga halus. Kemudian tinggal oleskan masker kunyit ke bagian wajah yang berjerawat, kalau mau dioleskan secara merata juga boleh. Jika sudah, diamkan kurang lebih sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air.

2. Bawang putih

Bawang putih

Bawang putih memang sudah sejak lama di percaya mampu mengatasi jerawat dan juga masalah komedo di wajah, informasi selengkapnya bisa dibaca pada artikel yang berjudul manfaat bawang putih. Cara menggunakan bawah putih untuk mengobati jerawat sebenarnya terasa sedikit menyiksa, karena memang menimbulkan rasa panas dan perih pada kulit wajah, namun jika Anda tertarik mencobanya, simak tutorial berikut ini.

  1. Sediakan satu siung bawang putih
  2. Tumbuk hingga halus
  3. Oleskan pada area yang berjerawat
  4. Diamkan selama 10 menit
  5. Basuh dengan air

3. Putih telur

Putih Telur

Kandungan enzim bernama Lysozyme yang terdapat pada putih telur ternyata bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk cara membuat masker putih telur, silahkan baca artikel yang berjudul cara membuat masker putih telur.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal memiliki manfaat bagi kecantikan, mulai dari melembabkan wajah, menghilangkan kantung mata, hingga mentasi masalah jerawat. Cara penggunaanya juga cukup sederhana, yakni dengan mengoleskan ke area yang jerawat menggunakan kapas.

5. Bengkoang

bengkoang

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini? Banyaknya produk kecantikan dengan kandungan bengkoang adalah bukti nyata bahwa bengkoang merupakan bahan alami yang sangat tepat untuk megatasi masalah kecantikan, salah satunya jerawat. Untuk cara membuat masker bengkoang, bisa dibaca disini.

Nah, bagaimana? cukup mudah untuk dilakukan bukan? Namun ada satu hal yang musti dicatat adalah bahan-bahan alami tidak bisa memberikan hasil yang instans, harus rajin-rajin menggunakannya setiap hari, baik untuk upaya pengobatan maupun pencegahan.