Cara Mengatasi Hama Lalat Buah 

Hama lalat buah dapat menyebabkan gugurnya buah-buahan sebelum masak di pohonnya. Selain itu serangan hama ini bisa membuat kualitas buah menjadi buruk saat panen. Untuk itulah penting untuk mengetahui cara mengatasi hama lalat buah agar tidak terancam gagal panen.

Bagaimana Cara Mengatasi Hama Lalat Buah ?

Hama lalat buah sebenarnya memiliki musuh alami tersendiri. Umumnya musuh lalat buah berasal dari jenis serangga misalnya semut, kumbang, dan kepik. Namun tak cukup dengan mengandalkan serangga-serangga tersebut untuk membasmi serangan hama lalat buah. Harus ada metode-metode lain yang memiliki keunggulan tersendiri diantaranya :

  1. Lakukan Penyortiran Buah Saat Panen

Anda harus melakukan penyortiran terhadap buah-buahan yang telah dipanen. Hal itu harus dilakukan agar buah yang berkualitas baik tidak bercampur terlalu lama dengan buah berkualitas buruk. Jika buah kualitas baik terinfeksi bakteri dari buah kualitas buruk, penularan penyakit akan semakin mudah dan cepat.

Setelah menyortir buah, maka untuk menangani buah berkualitas buruk adalah dengan cara pembakaran. Hal tersebut dilakukan agar bakteri yang membuat buah menjadi busuk ikut musnah. Sebaiknya hindari memendam atau mengubur buah busuk ke dalam tanah, karena akan menyebabkan penyakit semakin menyebar hingga ke lahan budidaya Anda.

2.Melakukan Pembungkusan Buah

Jika buah sudah mendekati usia panen yaitu sekitar usia 1,5 bulan, lakukanlah pembungkusan pada buah untuk mencegah lalat buah meletakkan telurnya pada buah. Berikut langkah-langkah pembungkusan buah :

  1. Siapkan Pembungkus Buah

Syarat-syarat pembungkus buah yang layak diantaranya : warnanya gelap, kuat, dan bisa menjaga kelembaban buah di dalamnya. Pembungkus buah bisa berupa plastik hitam atau kertas karbon sebagai pilihan utama. Alternatif  lain bisa berupa daun pisang, daun jati, dan kain. Untuk buah yang ukurannya besar seperti nangka, sebaiknya menggunakan karung bekas atau kertas semen.rg

  1. Perhatikan Waktu Untuk Membungkus Buah

Membungkus buah sedini mungkin mencegah lalat buah tertarik untuk hinggap dan menyebarkan penyakit pada buah. Lakukanlah pembungkusan buah sedini mungkin saat buah menunjukkan tanda-tanda pemasakan di pohon.

Melakukan pembungkusan buah juga bergantung pada jenis buah, misalnya buah belimbing yang sebaiknya dibungkus ketika ukurannya masih kecil. Sedangkan buah mangga sebaiknya dibungkus ketika ukuran buahnya sudah agak besar.

  1. Melakukan Metode Pengasapan

Pengasapan dilakukan dengan tujuan untuk mengusir lalat buah dari perkebunan Anda. Langkah sederhana pengasapan dapat dilakukan dengan cara membakar jerami atau sisa daun hingga keluar baranya, kemudian matikan dan tutup bara tersebut menggunakan kayu yang lembab.

Metode pengasapan dilakukan dengan sederhana, yaitu dengan membakar jerami atau daun-daun kering hingga keluar baranya, setelah itu gunakan kayu lembab untuk mematikan dan menutupi bara tersebut.

Metode pengasapan seperti ini merupakan cara mengatasi hama lalat buah yang efektif karena dapat menjauhkan buah dari serangan hama tersebut selama 3 hari kedepan. Bila pengasapan berlangsung nonstop 13 jam, bisa membuat lalat buah mati dan tidak sempat menyingkir.

Temukan kiat pertanian agar sukses panen yuk kunjungi TaniMuda

  1. Menggunakan Perangkap Daun Selasih

Aroma daun selasih sangat menarik lalat buah untuk hinggap. Maka daun selasih dapat digunakan sebagai perangkap bisa secara langsung menggunakan daunnya atau dengan mengambil saripati daun selasih untuk dijadikan perangkap.

Hama lalat buah menjadi musuh utama petani holtikultura khususnya buah-buahan. Itulah sebabnya sangat penting untuk memahami cara mengatasi hama lalat buah agar terhindar dari kerugian penurunan kualitas buah, bahkan gagal panen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *