Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Kamis, 17 Mei 2018 Kecantikan 4416 Ashilla Zahra

Bibir kering dan pecah-pecah merupakan masalah klasik, dan bisa terjadi pada siapa saja. Sebenarnya masalah ini tidak termasuk pada kategori serius dan tidak akan menyebabkan gangguan yang berarti pada organ tubuh lainnya. Namun tentu saja masalah bibir kering tidak bisa diabaikan begitu saja karena ada beberapa kerugian yang bisa anda derita jika mengalami masalah ini, diantaranya adalah turunnya rasa percaya diri.

Bibir kering tentu saja akan membuat tampilan bibir anda menjadi tidak menarik. Selain itu, akan timbul rasa tidak nyaman ketika anda memakan atau mengonsumsi sesuatu. Jika anda ingin tahu cara mengatasi bibir kering dengan mudah, silahkan lanjutkan membaca ulasan kami di bawah ini.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat membantu Anda mengatasi bibir kering dan pecah-pecah secara alami.

1. Tomat

Buah tomat seringkali digunakan sebagai bahan atau komposisi memasak, atau sering juga digunakan dalam membuat sambal. Namun siapa sangka, ternyata buah yang identik dengan warna merah ini juga bisa bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan, salah satunya dalam mengatasi masalah bibir kering. Kenapa bisa? Karena buah tomat mengandung vitamin B dan C. Perlu anda ketahui bahwa kedua vitamin tersebut dapat memberi kelembapan pada kulit, sehingga sangat cocok untuk mengatasi masalah bibir kering. Dalam penerapannya, anda tidak memerlukan metode atau alat yang khusus. Cukup belah satu buah tomat, lalu oleskan salah satu bagian pada bibir. Setelah melakukannya selama 15 menit, bilas bibir anda. Cukup mudah bukan? Kini anda bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah hanya dengan bahan dapur yang murah.

2. Madu

Kandungan mineral esensial pada madu akan berperan dalam melembabkan kulit, termasuk pada kulit bibir. Madu sudah sangat terkenal penggunaannya dalam bidang kesehatan dan kecantikan, dan kini saatnya bagi anda untuk mencobanya. Bagaimana caranya? Tidak kalah mudahnya dengan cara pertama, anda hanya perlu mengoleskan madu pada bibir, dan tidak perlu dibilas. Pada dasarnya, pengolesan madu bisa dilakukan kapan saja termasuk ketika anda hendak beraktivitas. Namun para ahli menyarankan untuk mengoleskan madu pada malam haris sebelum tidur supaya hasilnya lebih maksimal.

3. Wortel

Mayoritas orang mengetahui wortel sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Beberapa orang yang ingin mendaftar kerja dan harus melalui tes mata biasanya akan mengonsumsi banyak wortel sebelumnya. Hal ini dikarenakan wortel mengandung vitamin A yang tinggi, yang mana vitamin ini akan membuat mata menjadi lebih tajam. Namun vitamin tersebut juga baik untuk melembabkan kulit sehingga anda bisa menggunakannya untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah.

Langkah pertama, siapkan wortel yang sudah dicuci bersih. Haluskan wortel tersebut, bisa dengan diparut atau menggunakan blender agar lebih mudah. Cukup oleskan wortel yang sudah diparut ini pada bibir anda. Supaya kandungan pada wortel mampu diserap oleh bibir secara maksimal, anda harus mendiamkannya selama 30 menit sebelum dibasuh.

Dengan beberapa tips sederhana di atas, kami yakin masalah bibir kering yang selama ini mengganggu anda dapat segera terselesaikan. Meski sederhana, namun cara-cara ini sudah terbukti ampuh, karena sudah banyak orang yang berhasil mengaplikasikannya, dan masalah bibir kering mereka dapat diatasi tanpa adanya efek samping. Jangan pernah meremehkan cara-cara sederhana, karena seringkali metode yang simple justru memberi efek atau hasil yang lebih baik.

Namun jika masalah bibir kering anda tidak kunjung teratasi, itu artinya anda perlu ke dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut. Perlu diketahui bahwa masalah bibir kering dan pecah-pecah terkadang tidak bisa diatasi dengan langkah-langkah sederhana, tergantung dari tingkat keparahannya.