Cara Mengajar Anak TK

Cara mengajar anak TK tentunya berbeda dengan mengajari anak SD. Selain berbeda dari segi usia, berbedaan juga terlihat dari tingkah polah dan kepekaan emosionalnya. Rata-rata anak TK masih mudah sekali berubah moodnya. Tak sedikit dari mereka yang rewel.

Gambar Cara Mengajar Anak TK

Gambar Cara Mengajar Anak TK

Tugas seorang pendidik di sini adalah mengajak anak belajar sambil bermain. Karena anak seusia mereka paling tidak bisa untuk duduk diam dan memperhatikan. Untuk itu Anda harus pandai-pandai menarik perhatian mereka. Bagaimana caranya? Mudah saja. Ajak mereka untuk menyimak cerita yang akan Anda bacakan.

Upayakan intonasi suara Anda menarik, ya. Agar si anak penasaran dengan cerita tersbut. Jika Anak masih berlarian kesana dan kemari, maka tak masalah. Biasanya meskipun mereka terlihat seperti main-main, justru itulah proses belajar yang mereka rasakan.

Sebab secara tak langsung mereka mendengar apa yang kita ucapkan. Nah, Anda bisa mencari contoh cerpen singkat dengan tema yang menarik bagi anak seusia mereka.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa cara mengajar anak TK agar anak mau memperhatikan Anda dan pelajaran yang Anda berikan. Apa sajakah itu? Simak yuk ulasannya.

  1. Belajar Membaca

Dari sekian banyak materi, membaca merupakan hal pertama yang harus Anda ajarkan pada siswa/siswi TK. Mereka memang dipersiapkan untuk setidaknya mengerahui huruf-huruf alphabet.

Namun jika si anak bisa membaca sedari TK, justru lebih bagus lagi. Anda perlu perkenalkan mana itu huruf vocal dan mana huruf konsonan. Kemudian tuliskan kata sederhana, misalnya kata ‘aku, saya, ibu,bibi, dan sebagainya’.

  1. Belajar Menulis

Anak seumuran mereka memang mengalanmmi kesulitan lebih dalam hal menulis. Karena syaraf motorik mereka belum terlatih sempurna. Untuk itu sebelum anak mulai menulis, biasakan mereka untuk melakukan senam otak. Caranya cikup membuat garis melingkar, bentuk spiral, zig-zag dan semacamnya.

Tujuannya apa? Tujuannya untuk menyingkronasi otak dan sistem syaraf anak. Kemudian mulailah Anda meminta anak menuliskan huruf-huruf alphabet secara berulang agar terbiasa.

  1. Belajar Berhitung

Pepajaran yang satu ini tak serumit pelajaran matematika SD,ya! Namanya saja TK, tentunya belajar berhitung di sini berarti mengenal angka 1-10 ataupun lebih. Anak perlu mengenal angka agar nantinya ketika mereka telah masuk SD, tak mengalami kesulitan berarti dalam hal mengurutkan dari yang terbesar hingga terkecil ataupun sebaliknya.

  1. Belajar Menghafal

Pelajaran yang satu ini berlaku untuk menghafal nama buah, nama warna, nama kota, nama hari, nama sayuran dan sebagainya. Sajikanlah gambar yang menarik atau dapat pula mamanfaatkan kartu bergambar buah-buahan atau sayuran. Umumnya anak-anak akan memiliki imajinasi tersendiri terhadap apa yang ia lihat dan dengar.

Jika anak belum mampu menghafal dengan baik, tak masalah. Sebab kemampuan tiap anak berbeda. Anda bis menstimulus otak mereka dengan lagu yang disisipi nama hari, nama warna dan sebagainya agar lebih mudah dipahami anak-anak.

  1. Menggambar atau Mewarnai

Anak-anak sangat senang jika diminta menggambar sesuatu seperti bunga, kartun, rumah, pemndangan dan semacamnya. Biarkan mereka bereksplorasi dengan imajinasi mereka masing-masing.

Jika mereka merasa jenuh menggambar, maka Anda dapat memberikan gambar hitam putih yang dapat mereka warnai sesuka hati mereka.

  1. Bernyanyi

Selain menggambar, sesekalinajaklah anak-anak bernyanyi lagu-lagu anak.

  1. Belajar Do’a Harian

Ini penting, Anda dapat mengajari anak-anak berdoa sebelum memulai pelajaran ataupun sebelum dan sesudah makan.