Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks

Jumat, 16 November 2018 Kesehatan 174 Kevin Hendrawan

Siapa yang ingin terkena kanker serviks? Tentu tidak ada bukan? Hampir semua orang ingin mengetahui cara mencegah kanker serviks sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Gambar Mencegah Kanker Serviks

Gambar Mencegah Kanker Serviks

Bagi wanita, kanker serviks bukanlah penyakit yang main-main, kanker yang menyerang leher rahim kewanitaan ini tentu memiliki dampak yang buruk dan tidak nyaman dalam tubuh wanita.

Salah satu gejala yang terlihat dengan jelas dari kanker ini adalah keluarnya darah di area kewanitaan di luar waktu menstruasi, efek lain yang cukup mengganggu yaitu munculnya nyeri setelah melakukan hubungan intim, serta adanya cairan yang keluar dari vagina dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Anda sebagai wanita, jika mengalami gejala tersebut tentu harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.

Beberapa Cara Mencegah Kanker Serviks Yang Wajib Anda Perhatikan

Ada beberapa cara mencegah kanker serviks yang dapat Anda lakukan. Cara ini dapat Anda lakukan dengan pemahaman kesehatan diri sendiri.

Dan tentu saja cara pencegahan yang harus Anda lakukan dengan bantuan dokter atau petugas setempat. Berikut ini adalah cara pencegahan yang harus Anda perhatikan dan lakukan sejak dini.

  • Cara utama yang harus Anda lakukan tentu saja melakukan pencegahan agar tubuh tidak terkena virus HPV yang merupakan virus kanker serviks yang paling utama. Virus ini dapat masuk melalui vagina bagi Anda yang suka berganti-ganti pasangan. Tentunya cara mencegah hal tersebut adalah Anda harus setiap pada satu pasangan saja.

 

  • Tidak melakukan seks bebas baik melakukan hubungan intim ataupun seks oral juga akan menjadi cara pencegahan yang berpengaruh besar. Anda yang melakukan kontak fisik apalagi jika Anda terkena cairan pasangan. Anda jika melakukan seks bebas, akan memiliki resiko terjangkitnya kanker serviks yang sangat besar. Pencegahan ini merupakan salah satu himbauan yang telah diberikan kepada seluruh penduduk dunia.

 

  • Anda yang sudah menikah, tidak ada salahnya untuk tetap berjaga-jaga sebelum timbul gejala kanker serviks yang tidak Anda inginkan. Anda dapat melakukan screening rutin melalui dokter yang ahli dalam bidang ini, dan tentunya melakukan vaksinasi yang dianjurkan oleh dokter.

 

  • Menghindari rokok ternyata tidak hanya untuk laki-laki saja, namun wanita juga sangat penting menghindari kegiatan merokok. Pasalnya, merokok dapat membuat resiko terkena kanker serviks semakin tinggi.

Cara mencegah kanker serviks di atas tentu saja dapat Anda lakukan secara rutin, sembari terus mengonsumsi makanan sehat dan vitamin untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Anda yang hidup dengan sehat akan memiliki imun yang juga bagus, dan tentunya hal ini dapat membantu pencegahan agar tidak ada virus yang masuk ke dalam tubuh Anda. Anda juga harus memperbanyak ilmu tentang kanker serviks pada wanita, yang penting untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan di kemudian hari.