Cara Membersihkan Printer yang Benar

1 min read

cara membersihkan printer

Laptop, komputer dan printer merupakan perlengkapan penunjang seseorang dalam kegiatan sehari-hari, baik yang masih sekolah dan sudah kerja.

Ketiga benda elektronik ini dapat berfungsi secara maksimal jika dalam kondisi bersih salah satunya printer, tetapi bagaimana cara bersihkan printer dengan benar?

Agar makin awet dan tetap bagus, kebersihan menjadi faktor penentu hasil cetakan yang bagus atau bahkan jelek. Printer yang kotor biasanya bermasalah, tidak sampai disitu hal tersebut juga dapat membuat rusak cartridge pada printer.

Dengan adanya kerusakan itu pastilah berdampak penurunan pada kualitas printer.

Lalu, apalagi yang harus diperhatikan? Nah, berikut ulasan cara membersihkan lebih lengkapnya.

Perhatikan Jenis Printernya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mengetahui jenis printer yang digunakan, apakah printer tersebut mamakai inkjet atau menggunakan laser.

Mengetahui perbedaan tersebut dianggap penting sebelum Anda memutuskan untuk membersihkannya.

Printer laser pada umumnya memiliki sistem cetak yang sama dengan printer inkjet, tetapi printer jenis laser menggunakan laser sebagai alat cetak yang juga memakai tinta atau toner dalam cartridge yang digunakan pada printer tersebut.

Untuk printer laser jet, jika hasil cetakan tampak tidak jelas atau blur maka solusi satu-satunya adalah mengganti cartridge.

Meski demikian terkadang jika sudah diganti cetakan juga tetap tidak jelas dan itu artinya printer sedang dalam kondisi tidak bersih.

Lepas Kabel dan Kertas

Ketika Anda akan memulai membersihkan printer kesayangan, Anda terlebih dahulu harus melepas kabel dan kertas yang ada, untuk printer laser bisa hanya dengan membuka dan melepas cartridge.

Bersihkan dengan Kain

Setelah semua bagian printer yang perlu dilepas sudah tidak dalam keadaan terpasang, Anda dapat mencoba membersihkan bagian dalam printer dengan menggunakan kain bersih.

Pastikan Anda melakukannya dengan perlahan dan benar.

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan printer memakai tinta kering, maka sisa tinta yang ada pada bagian dalam printer mudah dibersihkan dengan menggunakan kain yang bersih tersebut.

Gunakan Kapas dan Alkohol

Penggunaan dua bahan ini khusus untuk membersihkan bagian roller, Anda harus membersihkan secara perlahan dan hati-hati.

Pastikan roller telah bersih, setelah itu Anda juga perlu membersihkan bagian luar dari debu dan kotoran.

Pasang Kembali

Langkah terakhir adalah pasang kembali bagian-bagian printer yang telah dilepaskan, kemudian hubungkan dengan PC.

Anda perlu melakukan beberapa ujicoba cetak agar sisa kotoran pada cartridge dan pada bagian lainnya bebas dari kotoran.

Pastikan Anda memasang dengan benar dan jangan sampai salah dalam memasang setiap komponen.

Jika sampai salah hal itu dapat memic terjadinya kerusakan pada fungsi printer, tentu hal tersebut tidak ingin Anda alami.

Gunakan Sistem Printernya

Tahapan untuk membersihkan berikutnya disampaikan oleh pihak rekomended.com untuk proses pembersihan printer dengan menggunakan sistem yang ada pada sistem itu sendiri. Biasa dikenal sebagai istilah maintenance atau pemeliharaan. Kami menyarankan kamu untuk wajib melakukan ini, ya.

cara membersihkan printer yang tepat

Caranya.

  • Buka salah satu document apa saja, word misalnya.
  • Lalu, tekan Print atau CTRL+P.
  • Setelah itu, klik printer properties atau property printer.
  • Lalu, klik tab maintenance atau pemeliharan.
  • Di bagian Anda bisa mulai membersihkan nozzle, head, dan sebagainya. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi berikutnya yang tampil pada perangkat komputer/laptop kamu.

Demikianlah beberapa langkah mudah membersihkan printer, hal ini diperlukan agar printer dapat mencapai usia yang panjang. Semoga bermanfaat, ya!

6 Game PS3 Terbaik

kevin
1 min read

GB WhatsApp

admin
1 min read

Tips Membeli HP Android

kevin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *