Cara Desain Kaos

Cara Desain Kaos

Minggu, 14 Oktober 2018 Fashion 4067 Kevin Hendrawan

Bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan bahan baju atau kaos yang di desain secara apik, maka cobalah menggunakan photoshop. Mendesain kaos dengan photoshop cenderung mudah, baik untuk pemula sekalipun. Tentu saja ada langkah-langkah yang perlu dilakukan saat mendesain photoshop, artikel ini akan membahas cara desain kaos menggunakan photoshop yang mudah.

Cara Desain Kaos Adobe Photoshop

Cara Desain Kaos Adobe Photoshop

Anda perlu mempersiapkan beberapa aplikasi sebelum mulai mendesain, seperti Adobe Photoshop, template dasar kaos (t-shirt mockup), serta logo untuk desain. Photoshop untuk mengedit desain dapat digunakan dalam versi berapa saja. Template dasar custom kaos atau t-shirt mockup dapat download dimana saja, untuk logo bisa disiapkan sebelumnya atau dibuat saat mengedit desain.

Beberapa orang mungkin tidak mengetahui t-shirt mockup, namun bagi orang yang bekerja di bagian sablon/percetakan sangat paham t-shirt mockup. Jadi, t-shirt mockup adalah contoh kaos polos yang nantinya digunakan untuk template dasar saat mendesain kaos. Anda sudah tidak perlu menggambar kaos, hanya perlu mendownload mockup dan menambah logo atau gambar yang sudah anda desain.

Langkah mendesain kaos

  1. Download t-shirt mockup dengan cara mencari di google dengan kata kunci “t-shirt mockup”. Pilih gambar sesuai yang anda inginkan, lalu download gambar untuk di desain.

  2. Buka photoshop yang sudah di-download dengan cara double klik.

  3. Buka file t-shirt mockup, maka akan terlihat logo yang sudah ada pada kaos tersebut.

  4. Ubah logo sesuai desain yang diinginkan dengan cara klik kanan tulisan “KAOS MOCKUP” yang terletak di bagian kanan panel.

  5. Pilih ‘Edit Content’ untuk mengganti desain atau logo.

  6. Akan muncul tab document baru dengan otomatis yang berisi logo atau gambar.

  7. Anda dapat mengganti logo dengan menghapus logo tersebut dan mengubahnya menjadi desain yang dibuat.

  8. Buka folder dimana logo anda disimpan, lalu drag and drop logo tersebut ke aplikasi photoshop.

  9. Setelah logo masuk ke dalam photoshop, atur ukurannya agar pas dengan kaos. Anda menekan tombol Ctrl + T dan SHIFT agar ukuran tetap proporsional, lalu timpa logo sebelumnya dengan yang baru.

  10. Hapus logo lama yang ditimpa dengan cara klik “GANTI LOGO DI SINI” di kanan panel, lalu tekan gambar mata agar menghilangkan layer

  11. Simpan perubahan dengan klik menu File > Save atau Ctrl + S

  12. Setelah tersimpan, kembali ke tab utama dengan menekan TAB ke satu

  13. Bila ingin memposisikan kembali logo gunakan move tool

  14. Anda juga dapat mengubah warna logo agar lebih pas antara kaos dan logo, cara mengubahnya dengan klik “normal” di panel kanan. Ubah ke mode yang lain yang dirasa lebih cocok bila dipasangkan.

  15. Apabila sudah selesai mendesain kaos, anda dapat menyimpannya dengan cara klik menu File > Export > Save for Web (Legacy).

  16. Di bagian preset, pilih format yang diinginkan seperti .PNG atau .JPEG. Ini merupakan cara desain kaos yang mudah menggunakan photoshop yang mungkin menarik untuk anda coba.

Demikian artikel tentang cara desain kaos menggunakan adobe photoshop. Sekian dan terimakasih banyak!