Cara Budidaya Jahe Merah Yang Akan Menghasilkan Keuntungan Hingga Jutaan Rupiah

Cara Budidaya Jahe Merah Yang Akan Menghasilkan Keuntungan Hingga Jutaan Rupiah

Minggu, 17 September 2017 Ternak & Budidaya 357 Ashilla Zahra

Jahe merah atau dalam bahasa Latin disebut zingiber officinale linn var rubrum rhizoma merupaka sebuah tanaman yang masuk dalam jenis suku temu-temuan atau zingiberaceae. Nama Zingiber berasal dari bahasa Yunani, sedangkan dalam bahasa sansekerta disebut dengan nama singaberi.

Anda pastinya tak asing lagi dengan nama jahe merah ini, karena tanaman jenis ini mempunyai segudang manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Tanaman rimpang ini memiliki rasa yang pedas dan hangat yang berasal dari kandungan kimia yang ada dalam jahe merah yang disbut Zingeron.

Cara budidaya jahe merah yang tergolong sangat mudah, membuat produksi jahe merah sendiri semakin meningkat. Hal ini karena memang jahe merah memiliki banyak manfaat dari segi kuliner, kecantikan hingga kesehatan. Pastinya anda sering menemukan makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe merah atau produk kecantikan yang memanfaatkan kandungan jahe merah di dalamnya.

Manfaat yang didapatkan dari jahe merah adalah berasal dari rizhoma atau rimpangnya, dari batang menjalar inilah menyimpan banyak kandungan metabolisme yang sangat bermanfaat. Kandungan dalam rhizoma ini berupa senyawa kimia seperti zingeron, ginggerol dan shoagaol yang memiliki rasa pedas dan hangat sehingga jahe merah ini dapat digunakan sebagai obat gosok yang akan meredakan sakit kepala, encok, mual, perut kembung dan masuk angin.

Bahkan di dalam jahe merah juga mengandung 1% hingga 4% minyak astri dan oleorosin. Kandungan minyak astri sendiri memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat seperti zingerberin, pati, asam organik, kamfena, asam aksolat, asam malat dan gingerin. Dengan begtiu maka jika semain besar rimpang jahe yang dimanfaatkan maka kandungan minyak astrinya semakin banyak. Minyak astri sendiri memiliki tektur yang berupa cairan agak ketal berwarna kuning, dan minyak astri inilah aroma khas jahe dihasilkan.

Dengan banyaknya kandungan dari tanaman jahe merah ini tak heran jika jahe merah memiliki segudang manfaat seperti melancarkan peredaraan darah, sebagai anti radang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menambah nafsu makan. Jahe merah ini juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada wanita yang sedang mengalami haid, karena dapat menguangi sakit perut aat menstruasi.

Jika anda sering mengalami ejakulasi dini seperti mudah lelah, maka jahe merah ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan pegal linu, meredakan nyeri serta dapat memulihkan kembali tenaga yang hilang. Bahkan jahe merah ini sangat bermanfaat untuk memperkuat daya tahan sperma, merangsang ereksi, melindungi hati. Dalam hal kecantikan, jahe merah ini bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, karena jahe merah mampu meregenerasi sel-sel kulit mati dalam tubuh.

Dengan banyaknya manfaat yang dihasilkan oleh jahe merah ini, tak heran bila banyak orang yang ingin mengetahui cara budidaya jahe merah. Karena jahe merah ini dapat digunakan sebagai ladang bisnis. Tentunya hal ini bisa, karena banyaknya manfaat jahe merah maka permintaan di pasaran akan semakin banyak, sehingga dengan anda membudidaya jahe merah tentunya ada dapat menjualnya di pasaran yang akan membuat anda memiliki untung yang sangat banyak.

Sebelum anda mengetahui cara budidaya jahe merah, berikut ini beberapa faktor yang menguntungkan dari budidaya jahe merah:

  1. Dengan segudang manfaat yang dimiliki, maka jahe merah memiliki permintaan yang sangat banyak di pasaran, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
  2. Cakupan tempat budidaya jahe merah cukup luas, karena jahe merah dapat di tumbuh pada ketinggian 0 hingga 2000 mdpl
  3. Cara budidaya jahe merah relatif mudah, karena media yang dibutuhkan sangat banyak, bisa dengan sebidang tanah, karung ataupun polybag. Area tanah yang dibutuhkan pun sangat sedikit, sehingga anda bisa menggunakan pekarangan rumah atau halaman rumah untuk budidaya jahe merah.
  4. Teknik cara budidaya jahe merah tergolong sangat mudah, sehingga akan mudah dipraktikkan karena banyak sistem tanam yang bisa dilakukan untuk budidaya jahe merah.
  5. Harga jual jahe merah memang belum tinggi, namun tentunya masih memiliki nilai yang ekonomis, artinya masih memiliki keuntungan yang banyak. Apalagi jika jahe merah dijual dengan diolah terlebih dahulu seperti menjadi serbuk jahe, minuman jahe atau lainnya, tentunya akan memiliki keuntungan yang semakin banyak.
  6. Biaya untuk membudidaya jahe merah relatif rendah, karena pemeliharaannya tidak sulit, hanya menggunakan tanah, polybag atau karung serta hanya membutuhkan bibit dan pupuk.
  7. Budidaya jahe merah ini masih sangat sedikit yang melakukan meskipun di beberapa daerah, jahe merah merupakan komoditas utamanya.

Meskipun cara budidaya jahe merah memiliki banyak keuntungan, namun anda juga harus mempertimbangkan hambatan yang akan dialami ketika membudidaya jahe merah, seperti:

  1. Yang menjadi hambatan utama dari budidaya jahe merah adalah kualitasnya, apalagi kualitas merupakan penentu dari harga jual. Namun, tentunya anda tak perlu khawatir dengan hal ini, karena anda bisa mencari cara mengatasinya dengan mencari informasi dari internet atau mitra HCS yang dapat menanggulangi masalah kualitas jahe merah.
  2. Serangan hama merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kualitas jahe merah, namun tentunya serangan hama dapat anda atasi jika anda melakukan pola cara budidaya jahe merah yang benar.
  3. Harga jual menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh pembudidaya jahe merah, karena nilai harga jual jahe merah sendiri memang relatif rendah. Namun dengan hal ini jangan mengurangi semangat anda dalam melakukan budidaya jahe merah, karena jika anda memiliki strategi pemasaran yang bagus tentunya dapat menguntungkan anda hingga jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Teknik cara budidaya jahe merah tergolong sangat mudah, syarat dari tumbuhan jahe yang akan dibudidayakan adalah:

  1. Dengan iklim yang memiliki curah hujan 2500 hingga 4000 mm per taun
  2. Saat berumur 2,5 hingga 7 bulan membutuhkan sinar matahari yang cukup
  3. Dapat tumbuh pada suhu 20 hingga 35 derajat celcius.
  4. Dapat tumbuh pada tanah dengan keasaman pH 4,3 hingga 7,4

Sebelum melakukan cara budidaya jahe merah yang harus diperlukan adalah mempersiapkan bibit yang sudah bertunas dengan panjang 5cm hingga 10cm. Anda juga bisa dengan menggunakan manyemaikan bibit dari bentuk rimpang yang berasal dari induk yang sudah tua dengan permukaan rimpang memiliki tekstur yang mengkilat dan tidak cacat atau tidak ada bekas terserang hama.

Alat dan bahan yang diperlukan dalam cara budidaya jahe merah adalah karung (misalnya 50 buah), sekop, ember, pupuk dan tanah. Untuk penanaman bibit maka lakukan:

  1. Mencampurkan tanah dan pupuk dengan perbandingan 3:1
  2. Masukan dalam karung dengan ketinggian 15 cm
  3. Patahkan rimpang jahe yang memiliki mata tunas menjadi 2 bagian yang telah di siapkan tadi, kemudian tanam dalam media tanam. Masing-masing karung ditanam dengan 2 atau titik tanam.

Dalam hal perawatan, cara budidaya jahe merah tergalong sangat mudah, karena pada tahap awal hanya dengan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore. Selanjutnya pada usia 1 minggu cukup menyiramnya sehari sekali. Dan ketika umur 2 minggu maka penyiraman dicampuri dengan fermentasi SOT. Dari usaha budidaya jahe merah ini dapat menghasilkan keuntungan hingga 2 juta per bulan, sehingga budidaya jahe merah bisa dijadikan sebagai ladang bisnis.