Bacaan Doa Sehari-Hari

Bacaan Doa Sehari-Hari

Jumat, 21 Desember 2018 Pendidikan 561 Kevin Hendrawan

Do’a adalah senjata orang mukmin. Kalimat inilah yang sering kita dengar dari para ustadz atau para ulama ketika menyampaikan kajian atau dakwah di depan para jamaahnya. Kalimat tersebut, merupakan potongan hadits dari Rasulullah SAW, yang mengingatkan kita tentang betapa pentingnya bagi seorang muslim untuk selalu memanjatkan do’a dalam setiap keadaannya, sebagai bentuk kebergantungan total kepada sang pencipta alam semesta yakni Allah SWT.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak akan pernah bisa memprediksi kejadian apa yang akan menimpanya dalam sedetik, semenit ataupun sejam kemudian. Oleh karena itu, kita diajarkan untuk selalu memohon perlindungan atau memohon keberkahan dari setiap aktivitas kita dengan cara berdo’a kepada Allah SWT.

Adapun bacaan doa sehari-hari yang sering diajarkan kepada kita untuk memulai ataupun mengakhiri sebuah aktivitas keseharian kita adalah sebagai berikut.

Doa Sehari-hari Dalam Keluarga

1. Do’a Sebelum dan Sesudah Makan

Sebagai rasa syukur akan nikmat Allah SWT yang diberika kepada kita, maka sebelum makan atau minum, kita dianjurkan untuk membaca doa. Doa sebelum makan adalah sebagai berikut.

Doa Sebelum Makan

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَـنَا، وَقِنَا عَذَابَ الـنَّارِ

“Allaahumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaaban naar”

Artinya : “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Dan setelah selesai makan dan minum, kitapun dianjurkan untuk menutupnya dengan membaca doa. Doa setelah makan adalah sebagai berikut.

Doa sesudah makan

الْحَمْـدُ للهِ الَّذي أَطْعَمَنـي وَسَقَانَا وَجَعَلْنَا مُسْلِمِينَ

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa muslimiin”

Artinya : “Segala puji hanyalah milik Allah, yang Allah tidak butuh pada makanan dari makhluk-Nya, yang Allah tidak mungkin ditinggalkan, dan semua tidak lepas dari butuh pada Allah, wahai Rabb kami”

2. Do’a Sebelum dan Sesudah Tidur

Apabila seorang muslim telah berada di atas ranjang tidurnya, maka sebelum berbaring, ia dianjurkan untuk membaca doa (dzikir) agar ia terhindar dari gangguan dan mendapat ketenangan dalam tidur. Adapun salah satu doa atau dzikir sebelum tidur yang dianjurkan ialah membaca ayat kursi yang merupakan ayat ke 225 surah Al Baqarah. Faedah ayat kursi ini ialah orang yang membacanya ketika hendak tidur akan terus mendapat perlindungan Allah dari gangguan setan.

Doa sebelum tidur

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

“Bismikallahumma Ahya Wa Amutu”

Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati”

Ketika bangun tidur juga membaca doa bangun tidur sebagai rasa syukur,

Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

“Alhamdulillahil Ladzi Ahyana Ba’da Ma Amatana Wailaihin Nusyur”

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit”

3. Doa Keluar dan Masuk Rumah

Sementara itu ketika akan memulai sebuah perjalanan atau hendak bepergian. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kita untuk selalu membaca doa sebagai berikut.

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

“Bismillah Tawakaltu’Alloohi Laahawlaa Walaquwwata Illabillaahi”

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah”

Doa Masuk Rumah

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

“Assalaamu’alainaa Wa’alaa “Ibaadillaahish Shoolihiina”

Artinya : “Hamba-hamba Allah yang sholih”

4. Doa Mandi Junub

Mandi junub atau mandi bersih ialah mandi wajib yang harus dilakukan untuk membersihlan diri dari hadast besar. Untuk memulai mandi bersih atau mandi junub diawali dengan niat dan membaca doa mandi junub atau doa mandi bersih. Mandi bersih dilakukan oleh orang setelah berhubungan suami istri, setelah haid dan setelah selesai masa nifas habis melahirkan bagi perempuan. Adapun doa mandi junub atau madi bersih yang dikutip dari artikel di www.asliindonesia.net adalah sebagai berikut.

Doa mandi Junub

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lifrafil Hadatsil Akbari Fardhan Lillahi Ta’aala”

Arrtinya : “Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadast besar fardhu karena Allah ta’aala”

5. Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

Untuk mendapatkan kemudahan dan keselamat di dunia dan di akirat nanti, Anda juga dianjurkan untuk mengamalkan do’a berikut.

Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbanaa Aatinaa Fiddunnyaa Hasanah, Wa Fil Aakhirati Hasanah Waqinaa ‘Adzaa Bannaar”

Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka”

Dengan merutinkan membaca doa-doa diatas dalam kehidupan sehari-hari mudah-mudahan Allah SWT selalu melindungi dan memberkahi setiap aktivitas harian kita. Akhirnya semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan koleksi doa yang semoga selalu dibaca oleh saudara muslim sekalian.