8 Tips Menjaga Kesehatan Mata

8 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Minggu, 1 Juli 2018 Kesehatan 299 Kevin Hendrawan

Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang sering dilupakan oleh banyak orang. Padahal mata merupakan orang penting manusia untuk dapat melihat keindahan dunia dan untuk melakukan aktivitas dengan baik. Untuk itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang wajib dilakukan.

Berikut ini 10 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Rutin Memeriksakan Mata

Rutin memeriksakan kondisi kesehatan mata dua tahun sekali merupakan salah cara menjaga kesehatan mata. Bahkan bagi mereka yang telah menginjak usia 40 tahun lebih disarankan untuk memeriksakan mata satu tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit mata seperti Glukoma dan Katarak.

Menggali informasi terkait riwayat kesehatan mata keluarga Anda juga hal yang baik, dengan begitu Anda dapat mengetahui apakah potensi penyakit mata yang diturunkan dari orang tua kepada anak. Selain itu, melalui organ mata dapat mendeteksi penyakti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Menjaga kesehatan mata berarti juga menjaga kualitas hidup Anda, karna dengan organ mata kita dapat melakukan aktivitas dengan lebih baik dan dapat menikmati keindahan dunia.

Konsumsi Makanan Kaya Gizi

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa vitamin C, Vitamin E, Zinc, Lutein, Asam Lemak Omega-3 dapat menurunkan risiko penyakit katarak dan penurunan fungsi mata. Selain itu, konsumsi sayuran hijau, ikan salmon, ikan tuna, kacang-kacangan, buah berry, telur dan jeruk dapat membantu kesehatan organ penglihatan ini.

Gunakan Kacamata Hitam

Sinar ultraviolet matahari tidak hanya buruk bagi kesehatan kulit. Sinar UV juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata. Mata yang terlalu sering terpapar sinar UV dapat menderita katarak, kanker kelopak mata, penurunan fungsi mata dan kornea terbakar. Oleh karena itu gunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruang.

Menjaga Berat Badan

Kondisi kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes yang berujung pada menurunnya fungsi mata atau glaukoma. Menurut penelitian, obesitas juga merupakan faktor penyebab mata katarak kortikal dan katarak posterior.

Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan penyakit katarak dan kerusakan saraf optik, lebih jauh merokok dapat merusak retina mata dan menyebabkan kebutaan. Kebiasaan merokok menimbulkan flek pada pembuluh darah dan melemahkan arteri yang dapat meningkatkan risiki penyakit jantung.

Membersihkan Makeup

Membersihkan mata sebelum tidur merupakan hal yang baik, riasan mata dalam bentuk cair dan krim dapat membawa bakteri. Serta jangan menggunakan makeup yang telah berumur tiga bulan, sebaiknya rutin mengganti makeup setiap tiga bulan sekali.

Rutin Berolahraga

Cara terbaik menjaga kesehatan mata adalah dengan berolahraga. Penelitian mengungkapkan selain untuk kesehatan mata, olahraga juga dapat menurunkan risiko penyakit darah tinggi, diabetes dan jantung.

Jangan Terlalu Lama Didepan Layar Komputer

Menatap layar komputer dapat menyebabkan mata kering, sakit kepala, nyeri leher, dan nyeri punggung. Jika sering dilakukan maka kesehatan mata akan menurun dan akan menuntut Anda untuk menggunakan kacamata. Jika Anda harus bekerja didepan komputer setiap harinya, ambilah jeda istirahat selama 15 menit setiap dua jam sekali untuk mengistirahatkan mata.

Cukup Istirahat

Tidur kurang dari lima jam dalam sehari dapat berbahaya bagi kesehatan mata, penelitian telah menunjukan bahwa mata setidaknya membutuhkan lima jam setiap harinya untuk istirahat. Kurang dari itu maka dapat menurunkan fungsi mata karena dapat menyebabkan pembuluh mata muncul karena mata tegang. Selain itu kurang tidur dapat menyebabkan mata kering.