Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

Selasa, 18 September 2018 Kesehatan 239 Ashilla Zahra

Buah naga adalah buah tropis yang lezat. Nama lainnya adalah pitaya atau pitahaya yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Meski begitu, buah ini mudah ditemukan di pasaran Indonesia tanpa mengenal musim tertentu. Buah naga menjadi salah satu buah yang dikenal bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Manfaat buah naga untuk kesehatan diantaranya membantu dalam penurunan berat badan, melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, memperkuat imunitas, dan meningkatkan energi. Buah juga membantu sebagai pencegahan pertumbuhan sel kanker, menakan risiko jantung koroner, juga meregulasi fungsi organ tubuh.

 

Kandungan Gizi yang terlihat pada Buah Naga

  1. Karbohidrat, lemak, protein

Buah naga mengandung kalori yang berasal dari karbohidrat, lemak dan juga protein. Ada sekitar 14 gram karbohidrat, 1 gram serat, 2 gram protein dan 0,4 gram lemak dalam buah naga berukuran kecil. Namun jangan khawatir, karena karbohidrat dalam buah naga sifatnya baik sebab tidak perlu diolah sebelum dimakan.

  1. Sumber vitamin C

Salah satu manfaat buah naga adalah buah ini dapat memnuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak lima belas persen. Fungsi vitamin C adalah sebagai neurotransmitter pada otak sehingga anda akan mudah berkonsentrasi dan menekan stres. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah naga juga bisa membuat kulit anda sehat dan cerah alami.

  1. Kalsium dan zat besi

Dengan kandungan kalsium dan zat besi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah Anda. Buah naga merupakan sumber zat besi yang baik sehingga memenuhi 8 persen dari nilai kebutuhan gizi harian. Sementara kandungan kalsium dibutuhkan untuk optimasi fungsi otot dan transmisi neuron.

 

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

1. Mengobati asam urat

Buah naga memiliki banyak kandungan yang baik mulai dari nutrisi dan vitamin yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit. Salah satu penyakitnya adalah asam urat. Manfaat buah naga untuk asam urat adalah melarutkan zat purin dalam tubuh kemudian dibuang bersama dengan air seni dan keringat.

2. Mengobati ambeien

Buah naga adalah buah yang sangat bermanfaat bagi pencernaan salah satunya mengobati ambeien. Manfaat buah naga untuk ambeien adalah mengurangi rasa perih pada dubur. Rasa sakit pada dubur bisa diatasi dengan konsumsi buah naga karena buah tersebut mengandung zat anti radang yang dapat mengurangi sakitnya.

3. Mengobati asma

Manfaat buah naga untuk asma karena buah ini mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh. Dengan tubuh yang kuat, maka gangguan pernapasan termasuk asma bisa dilawan.

Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat membantu mengurangi serangan asma. Selain itu, buah naga memiliki kemampuan mengobati gejala batuk. Jika Anda sering mengonsumsi buah naga, Anda bisa memiliki tubuh yang kuat dan sehingga asma anda tidak mudah kambuh.

4. Manfaat buah naga untuk anemia

Zat besi adalah mineral penting yang diperlukan untuk menjaga jumlah dan fungsi sel darah merah berada pada rentang normal. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan itu akan membuat Anda lesu sepanjang hari. Manfaat buah naga untuk anemia adalah memberi Anda zat besi dan mencegah tubuh Anda dari anemia.

5. Bermanfaat untuk kesehatan masa kehamilan

Buah naga sangat bermanfaat bagi wanita hamil karena kaya akan zat besi, vitamin B, dan folat. Manfaat buah naga untuk ibu hamil adalah menjaga kekuranganhemoglobin dan juga mencegah terjadinya anemia. Vitamin B dan folat membantu mencegah cacat lahir dan meningkatkan energi.

Selain itu, buah naga juga memiliki sifat sifat pencahar ringan yang membantu melonggarkan tinja dan mengatur gerakan usus. Kandungan kalsium di dalamnya membantu dalam perkembangan tulang janin, sehingga memastikan janin dalam kandungan bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat.

6. Mengobati asam lambung

Buah naga adalah buah yang cocok untuk asam lambung, sakit maag atau nyeri pada ulu hati. Seratnya memiliki efek emolien yang melindungi lambung dari asam. Orang-orang dengan masalah perut dapat mengambil manfaat buah naga untuk asam lambung dalam menjaga kesehatan harian.

7. Meningkatkan metabolisme

Tubuh membutuhkan protein harian yang fungsinya untuk membantu untuk proses metabolisme. Kandungan protein dalam buah naga bagus sebagai sumber protein yang tepat. Protein akan diolah oleh enzim dalam tubuh, sehingga hasilnya adalah enegri, masa otot juga menurunkan berat badan.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Tidak ada lemak jenuh dalam kandungan buah naga sehingga anda tidak perlu takut akan ancaman kolesterol, Buah naga memiliki kolesterol baik atau HDL yang dapat mencegah timbunan plak pada arteri. Sehingga, aliran darah menjadi lancar dan risiko jantung bisa dihindari.

Hampir tidak ada risiko khusus dalam manfaat buah naga untuk kesehatan. Kandungan vitamin, kalsium dan zat besinya dapat membantu anda memenuhi gizi harian. Mulailah memasukkan buah ini ke dalam buah konsumsi harian anda.