Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak

Kamis, 11 Oktober 2018 Kesehatan 655 Kevin Hendrawan

Tanaman sirsak memiliki nama taksonomi Annona muricata, yang tidak hanya bermanfaat bagian buahnya saja, tetapi juga bagian daunnya. Daun sirsak disebut graviola memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat daun sirsak diketahui dapat mencegah adanya aktivitas sel kanker yang mengancam tubuh, menekan naiknya tensi darah, menjaga imunitas, dan merawat kesehatan kulit.

Kandungan Gizi yang Terdapat pada Daun Sirsak

  1. Antioksidan

Di luar dugaan, bagian daun pada tanaman sirsak memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan tersebut ditemukan dalam fitonutrien yang diantaranya adalah senyawa flavonoid, alkaloid, fenol, pitosterol, dan saponin. Senyawa-senyawa ini dapat melawan sel-sel yang memicu penyakit berat seperti tumor dan kanker.

  1. Acetogenins

Acetogenins adalah salah satuantibiotik yang ditemukandalamgraviola. Sejauh penelitian yang telah dilakukan, acettogenins dapat mencegah perkembangan dari beberapa kanker di tenggorokan, paru-paru, serviks dan payudara. Peran dari senyawa ini adalah mematikan sel kanker sehingga kanker tidak dapat melakukan mutasi.

  1. Potasium

Potasium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh yang kinerjanya berupa regulasi tensi darah. Dalam daun sirsak, kandungan potasiumnya cukup tinggi sehingga tekanan darah dapat diatur hingga ke titik normal sehabis mengonsumsinya. Sehingga, daun ini cocok untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit darah tinggi agar terhindar dari serangan stroke mendadak.

  1. Zatbesi

Zat besi adalah mineral yang kerjanya membantu meningkatkan energi, sehingga kebutuhannya tidak boleh diabaikan. Mineral ini juga terdapat pada daun sirsak sehingga energi akan tercukupi. Tidak samapi situ, energi yang dihasilkan tenttunya akan dibawa ke seluruh organ sehingga metabolisme tubuh dapat berkeja secara optimal.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

1. Mengobati Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang penyebabnya berupa pengkristalan asam di persendian. Efeknya berupa sakit dan linu, sehingga mengganggu aktivitas sehari-sehai bahkan untuk bergerak sekalipun. Selain itu, asam urat juga mengakibatkan pembengkakan di daerah sendi dan biasanya berada di kaki.

Khasiat daun sirsak untuk asam urat adalah mengurangi kadar asam pada sendi sebagai salah satu cara alternatif. Selain pengobatan, daun sirsak juga digunakan sebagai pencegahan. Caranya, dengan merebus daun tua yang masih hijau lalu airnya diminum setiap pagi dan sore. Nyeri lain akiba asam urat juga dapat dikurangi oleh rebusan daun sirsak

2. Mengatasi Nyeri Ambeien

Ambeien atau wasir merupakan penyait yang dianggap sepele penderianya, padahal ambeien dapat mengganggu akivitas juga. Penyakit ini tidak akan sembuh dengan sendirinya tanpa diobati sama sekali. Aktivitas duduk, buang air dan bahkan berjalan pun rasanya tidak nyaman dan bahkan menimbulkan rasa sakit.

Tahukah jika ambeien diabaikan malah akan bertambah parah? Nah, manfaat daun sirsak untuk ambeien adalah memperkecil ukuran ambeien. Caranya, rebus beberapa helai daun sirsak, kemudian minum airnya. Anda cukup meminumnya sebanyak segelas per hari sebagai alternatif dari obat-obatan berbahan kimia.

3. Mengobati Asma

Asma merupakan penyakit bawaan yang tidak bisa disembuhkan, namun bisa dicegah supaya tidak kambuh. Manfaat daun sirsak untuk asma dapat membantu penderita agar terhindar dari serangan asma yang menyiksa. Caranya, siapkan beberapa helai daunsirsak yang dibuat oleh sarang semut rang-rang. Setelah direbus, saring rebusannya. Minumlah setiap pagi hari.

4. Mengobati Amandel

Manfaat daun sirsak untuk amandel ada pada zat Acetogenins yang dapat membunuh bakteri jahat, virus penyebab amandel dan juga sel-sel kanker. Cara mengobati amandel dengan daun sirsak adalah dengan merebus beberapa helai daunnya hingga mendidih. Setelah ditiriskan, minum air rebusannya sebanyak 3 kali dalam sehari secara teratur hingga amandel menghilang.

5. Mengobati Bronkitis kronis

Manfaat daun sirsak untuk bronkitis adalah menyembuhkan bronkitis kronis.Bagaimana cara menggunakan daun sirsak ini? Anda cukup merebus daunnya beberapa helai. Air rebusan kemudian disaring agar daunnya terpisah, lalu airnya diminum setiap hari hingga bronkitis anda sembuh.

6. Mendukung Penurunan Berat Badan

Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme kita berjalan dan penurunan berat badan lebih sulit dicapai. Manfaat daun sirsak dapat membantu anda menurunkan berat badan tanpa harus kekurangan vitamin B, karena biasanya dietari dilakukan dengan megnurangi asupan makanan bervitamin B.

Malahsebenarnya, daun sirsak mengandung banyak vitamin B yang membantu untuk meningkatkan energi dan jumlah lemak yang terbakar sepanjang hari. Rebus daunnya lalu minum hasil rebusannya setiap pagi.

7. Menghilangkan Nyeri Punggung

Tidak banyak solusi alami untuk sakit punggung, karena banyak orang memilih pijat sebagai jalan akhirnya. Nyeri punggung dapat disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti tidur dalam posisi yang salah. Terlepas dari penyebabnya, nyeri di bagian punggung dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat Anda terjebak di tempat tidur.

Daun sirsak adalah salah satusolusi herbal terbaik untuk meredakan nyeri punggung. Rebuslah5 daun sirsak dengan dua gelas air. Setelah rebusan tersisa segelas air saja, minum rebusannya. Anda dapat meminum air rebusannya sehari dua kali dalam sehari, di pagi dan sore hari.

Manfaat daun sirsak begitu banyak yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit. Potensi daun sirsak ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut karena efeknya yang sangat besar. Jika anda mengalami sakit seperti yang disebut di atas, cobalah daun sirsak sebagai alternatif pengobatan yang mudah dan bisa dilakukan di rumah.