Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor

Selasa, 18 Desember 2018 Kecantikan 1342 Ashilla Zahra

Tanaman kelor dikenal sebagai salah satu fitofarmaka terbaru karena manfaat daun kelor yang bergizi tinggi. Di dalamnya ada sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan pelindung jaringan di antara banyak manfaat kesehatan lainnya. Nama lainnya adalah moringa oleifera, juga dikenal sebagai pohon ben atau stik drum yang berasal dari Asia bagian Selatan.

Daun kelor telah digunakan selama beberapa generasi di negara-negara Timur untuk mengobati dan mencegah penyakit seperti diabetes, jantung koroner, anemia, liver, dan masalah pencernaan. Biasanya, daun kelor diolah terlebih dahulu menjadi bubuk kemudian cara mengonsumsinya adalah dengan diseduh seperti tanaman daun teh.

Kandungan Gizi yang pada Daun Kelor

  1. Antioksidan

Daun kelor mengandung antioksidan diantaranya adalah flavonoid, polifenol, dan asam askorbat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang fungsinya menangkal radikal bebas, mengambat lipid dan juga protein.

Artinya, daun kelor mencegah kerusakan dan degradasi yang disebabkan oleh radikal bebas dalam sel-sel organ yang ada pada tubuh. Sehingga, tubuh tetap sehat dan fungsi organ tetap bekerja secara maksimal.

  1. Vitamin C dan E

Kandungan vitamin E dan C pada daun kelor dapat melawan terjadinya oksidasi yang menyebabkan turunnya fungsi kinerja saraf. Sebaliknya, dua vitamin ini mampu meningkatkan kerja otak secara optimal. Daun kelor juga dapat menormalkan senyawa kimia yang berfungsi sebagai neurotransmitter, yaitu serotonin, dopamine, dan noradrenalin di otak.

Senyawa kimia tersebut lah yang memainkan peran kunci dalam mengatur memori, suasana hati, fungsi organ, respons terhadap stimulus seperti stress, rasa senang, dan kesehatan mental. Sehingga, gangguan mental seperti depresi bisa dicegah.

  1. Polifenol

Kandungan penting dalam daun kelor ialah polifenol yang fungsinya menjaga kesehatan liver dari pengaruh toksik dan kerusakan. Polifenol bekerja untuk mengembalikan enzim liver ke tingkat yang normal sehingga protein dalam liver tidak berkurang dan stres oksidatif dapat ditekan.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

1. Mengobati asam urat

Salah satu manfaat daun kelor untuk asam urat adalah menghilangkan kadar lemak di dalam tubuh. Asam urat adalah sakit sendi yang disebabkan oleh penumpukan lemak yang mengkristal. Tidak hanya menghilangkan lemak, daun kelor juga meredakan rasa sakit dan bengkak sendi yang diakibatkan oleh asam urat.

2. Mengobati asam lambung

Manfaat daun kelor untuk asam lambung adalah mengobati gangguan perut seperti sembelit, maag, dan asam lambung. Ekstrak daun kelor terindikasi sebagai antasida dan antihistamin yang dapat menurunkan asam lambung. Selain itu, daun kelor memiliki sifat antibiotik sehingga pertumbuhan patogen yang dapat memicu diare bisa dicegah.

3. Mencegah kambuhnya asma

Manfaat daun kelor untuk asma yaitu melebarkan bronkus dan bronkhiolus dan meningkatkan aliran udara ke paru-paru. Kedua, daun kelor membantu mengendalikan gangguan alergi dengan memblokir pelepasan histamin. Ketiga, sebagai anti-mikroba yang dapat memicu gejala sesak napas.

4. Menghilangkan bekas jerawat

Ekstrak daun kelor banyak digunakan dalam industri kosmetik karena memiliki banyak sifat terapeutik. Manfaat daun kelor untuk bekas jerawat adalah menghilangkan kotoran dari kulit dan meremajakannya serta mempertahankan warna kulit alami. Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan daun kelor?

Ambil daun kelor dan haluskan dengan sedikit air hingga menjadi pasta halus. Oleskan secara merata di wajah Anda seperti memakai masker. Biarkan selama 15-20 menit lalu cuci bersih dengan air. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

5. Obat diabetes

Salah satu manfaat tanaman kelor yang efektif adalah mengontrol diabetes. Manfaat daun kelor untuk diabetes adalah produksi insulin pada penderita penyakit ini. Daun kelor memberikan energi tanpa gula juga mengurangi kadar gula dalam darah.

Cara pengobatan diabetes menggunakan daun kelor adalah, ambil beberapa helai daun kelor, rebus dengan 3 gelas air. Didihkan sampai berkurang menjadi 1 gelas. Setelah disaring, minum 3 kali sehari secara teratur selama 2 bulan.

6. Melindungi Hati

Manfaat daun kelor membantu untuk mengembalikan kadar kandungan glutathione di dalam tubuh dan mencegah oksidasi lemak yang terjadi pada organ hati. Efek perlindungan ini dikaitkan dengan kehadiran senyawa fitokima seperti katekin, epikatekin, asam ferulat, dan vitamin C.

7. Perawatan Kulit & Perawatan Rambut

Salah satu masalah kulit serius akibat polutan ialah kulit keriput. Toksik menempel dan mempengaruhi sel-sel kulit. Untuk mencegahnya, daun kelor dapat membantu melingungi sel kulit. Kulit keriput dapat mengakibatkan penuaan dini, tentunya anda tidak mau ini terjadi kan?

Selain kulit, daun kelor juga bisa untuk merawat kesehatan rambut. Radiasi sinar UV dapat membuat rambut kering dan rusak. Rebusan daun kelor bisa ditumpahkan ke rambut sebagai kondisioner alami. Gunanya, memperkuat akar rambut dan mengganti rambut anda yang rontok agar tumbuh kembali.

Meski kadang dianggap sepele dan hanya menjadi bagian dari peribahasan, ternyata manfaat daun kelor cukup banyak dan memiliki efek yang besar untuk mengobati beberapa penyakit. Bagi yang kekurangan nutrisi, daun kelor juga dapat mengcover kekuarangan tersebut sehingga layak dicoba sebagai alternatif dari pengobatan.