6 Rahasia Dahsyat yang Terdapat Pada Daun Katuk

Mungkin para pembaca disini pada belum tahu apa sih daun katuk itu, seperti apa bentuknya dan buat apa daun katuk itu? Iya nggak?

Siapa yang menyangka kalau ternyata daun katuk atau yang biasa kita lihat pohon dengan daun berukuran kecil – kecil dan berwarna hijau ini mempunyai banyak sekali manfaat. Yaitu :

Manfaat Daun Katuk

1. Melancarkan ASI

Tidak ada yang menyangka bukan kalau ternyata daun kecil berwarna hijau ini bisa melancarkan ASI, daun katuk ternyata mengandung senyawa esensial seperti saponin, tanin, flafonoid, triterpenoid, dan asam amino. Senyawa – senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui.

2. Menjaga kesehatan tulang

Daun katuk mempunyai kandungan kalsium sebesar 2,8%, dengan kandungan kalsium yang dimilikinya dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Kalsium juga berfungsi untuk menceah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

3. Membantu mengatasi flu

Ternyata daun katuk juga mengandung efedrin yang dapat membantu mengatasi masalah flu, selain kandungan efedrin, vitamin C yang terdapat pada daun katuk juga bermanfaat untuk mengganti sel sel tubuh yang rusak saat sakit.

4. Mengatasi frambusa atau penyakit kulit

Ternyata daun katuk juga dapat mengatasi penyakit kulit yaitu caranya dengan mencucui daun katuk sampai bersih lalu haluskan. Tambahkan seperempat gelas air matang dan garam. Aduk sampai rata daun katuk tadi kemudian saring. Gunakan air perasan tadi untuk dioleskan pada bagian kulit yangg sakit.

5. Membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi

Kadar kalsium yang terlalu rendah dalam tubuh akan mengakibatkan terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi sayur daun katuk secara rutin dapat membantu mengatasi hipertensi ini karena kandungan kalsium yang dimilikinya cukup tinggi.

6. Menurunkan resiko kanker payudara

Mengapa daun katuk dapat menurunkan resiko kanker payudara? Itu semua karena kandunggan kaemferol yang dimilikinya. Kaempferol itu sendiri merupakan flavonol alami yangg strukturnya hampir sama dengan estrogen. Sebuah penelitian dilakukan oleh Dr. Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD. Ditemukan bahwa kaempferol dapat menyatu dengan reseptor estrogen dan mengingkatkan efek agonis ataupun antagonis dari estrogen

 

Bagaimana rahasia dari manfaat daun katuk menurut anda? Sangat mencengangkan kan. Ternyata daun kecil berwarna hijau itu sangat kaya akan manfaat.