5 Penyebab Iritasi atau Gatal-gatal Pada Kulit Anak

5 Penyebab Iritasi atau Gatal-gatal Pada Kulit Anak

Rabu, 24 Oktober 2018 Uncategorized 74 Ashilla Zahra

ritasi pada kulit bisa menimbulkan gejala-gejala mulai dari kemerahan kemudian radang, kulit gatal hingga kulit terasa sangat perih. tidak Penyebab gatal atau iritasi ini ternyata hanya produk seperti contoh sabun cuci, bahan atau pakaian tertentu juga dapat menyebabkan iritasi di kulit.

Gatal pada anak-anak merupakan gangguan kesehatan pada kulit dalam kategori ringan yang sering kali terjadi. Namun, Anda sebgai orang tua jangan lantas menyepelekan penyakit tersebut, terutama jika gatal terus masih berlanjut setelah diberikan obat atau dilakukan penanganan. Jika kondisinya sperti itu, bisa jadi gatal-gatal yang demikian merupakan tanda jenis gangguan kesehatan lainnya. Nah, untuk memastikannya, mari cari tahu lebih lanjut tentang jenis dan penyebab penyakit gatal pada anak, dan bagaimana cara mencegahnya serta mengatasi gatal tersebut.

5 penyebab iritasi atau gatal pada kulit anak dan cara mengatasinya

1. Pembersih Rumah dan Perabot

Deterjen dalah kategiri ini seperti sabun cuci, pembersih kaca, pembersih lantai dan berbagai produk lain yang mengandung bahan tidak ramah lingkungan dan berisiko menyebabkan terjadinya iritasi kulit. Solusinya adalah Jauhkan cairan ini dari jangkauan anak-anak Anda, Jika anak Anda terkena cairan pembersih yang bisa menyebabkan iritasi segera mandikan atau bersihkan dengan sabun.

2. Pakaian baru beli langsung pakai

Pakaian atau baju yang baru anda beli jangan langsung dipakaikan pada anak anda walaupun baju yang anda beli adalah Baju anak branded atau pakaian mahal sekalipun tidak menjamin pakaian tersebut steril atau bersih karena masih baru / keluar dari pabrik. Walaupun pakaian baru tersebut terlihat bersih tapi kuman atau kotoran yang tidak terlihat bisa menyebabkan iritasi pada kulit anak Anda. Solusinya adalah cuci pakaian terlebih dahulu sebelum di pakai oleh anak Anda.

3. Jenis tanaman-tanaman Tertentu

Ada jenis tanaman tertentu yang jika terkena kulit atan terasa gatal-gatal seperti contoh tanaman tulip dan daffodil jenis tanaman dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit sebagai reaksi alergi terhadap tanaman tersebut, Contoh tanaman lain seperti jenis rumput tertentu yang bisa menimbulkan gatal ketika terkena kulit. Solusinya awasi anak anda saat bermain di kebun dan jauhkan dari jenis tanaman tersebut, Segera mandi dengan sabun setelah bermain dan kontak langsung dengan tanaman-tanaman atau rumput rumputan.

4. Jenis makanan tertentu

Iritasi pada kulit dapat bereaksi pada sebagian orang dikarenakan memegang tau makan makanan tertentu, misalnya jenis makanan asam dan juga pedas. Biasanya orang dengan alergi makanan ini akan berefek setelah selesai makan seperti kulit langsung merah dan gatal-gatan. Solusinya adalah kenali jenis makanan yang membuat anak anda alergi.

5. Kontak langsung dengan Serangga

Jenis serangga seperti kutu, ulat atau nyamuk jika bersentuhan atau digigit dapat menyebabkan iritasi atau gatal pada kulit. Pada umumnya iritasi seperti ini ini bisa menyebabkan timbulnya ruam atau kemerahan. Solusinya selalu sedia minyak kayu putih atau minyak telon untuk di oles pada bagian tubuh yg sensitif terhadap serangga.

6. Pemakaian popok atau pampers yang jarang ganti

Popok atau pampers pada anak juga bisa memyebabkan iritasi pada kulit anak Anda jika anak Anda sering buang air kecil dan frekwensi penggantian pampers jarang, Usahakan penggantian pampers dilakukan tiap 2 atau 3 jam sekali jika frekwensi buang air kecil anak Anda sering.

itulah 5 penyebab terjadinya iritasi atau gatal-gatal pada kulit anak, Jangan sepelekan jika terjadi gatal-gatal pada anak Anda, Segera lakukan tindakan pencegahan sebelum penyakit tersebut menjalardan lebih parah. Jika memang obat apotik tidak mempan terhadap penyakit gatal anak Anda maka segeralah periksakan ke dokter spesialis kulit.