5 Macam Susu Nabati Pengganti Susu Sapi

5 Macam Susu Nabati Pengganti Susu Sapi

Kamis, 6 Desember 2018 Kesehatan 2139 Sheila Dara

Susu merupakan salah satu minuman yang kaya dengan gizi dan nutrisi sehingga tidak diragukan lagi. Susu banyak mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh Karenanya tak heran kalua jika dari dulu hingga sekarang susu menjadi minuman terbaik bagi kesehatan.

Jika dilihat dari asal didapatkannya, hingga saat ini susu yang berasal dari sapi atau susu sapi merupakan susu yang sangat popular. Kemudian ada susu kuda, susu kambing, susu unta dan yang lain.

Tetapi tidak setiap orang suka minum susu sapi atau bahkan susu hewan lainnya. Banyak hal menjadi alasan untuk ketidaksukaannya. Ada yang tidak suka dengan aroma, selain itu juga dari rasanya yang sedikit agak amis.

Untuk anda yang memang tidak menyukai susu sapi atau susu hewani lainnya, anda jangan khawatir. Anda masih dapat mendapatkan berbagai manfaat susu tanpa menahan rasa enek serta dibayangi rasa takut akan alergi susu sapi. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi pengganti susu sapi yang berupa susu nabati yaitu susu yang berasal dari jenis tumbuhan.

Nah, berikut adalah 5 Macam Susu Nabati Pengganti Susu Sapi yang sangat baik jika dikonsumsi dan bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti untuk yang tidak menyukai susu sapi.

  1. Susu Kedelai

Susu Kedelai terbuat dari sari biji kedelai. Susu Kedelai memiliki kandungan gizi yang mirip dengan susu sapi. Manfaat Susu kedelai sangat banyak untuk kesehatan diantaranya Menjaga kelembaban kulit, Menghilangkan noda hitam, Membasmi kulit kusam dan berminyak, Anti aging, Meningkatkan kolagen.

Susu kedelai ini dapat dijadikan alternatif sebagai pengganti susu sapi karena susu kedelai tidak memiliki rasa amis serta enek. Saat ini susu kedelai dapat ditemukan di berbagai pasar serta pusat perbelanjaan. Susu kedelai ini rasanya pun semakin bervariasi dari strawberry, vanilla, cokelat, dan rasa lain. Karena memiliki banyak Manfaat, mengkonsumsi susu kedelai sangat baik untuk Anda.

  1. Susu Kelapa

Susu kelapa atau susu santan adalah susu yang baik digunakan sebagai pengganti susu sapi. Oleh karena susu Kelapa memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Pada 1 cangkir susu kelapa mengandung lemak sebesar 57,2 g, protein 5,5 g, natrium 36 mg, kalori sebesar 552 kal, kolesterol 0 mg, total karbohidrat 13,3 g, zat besi 22%, vitamin C 11%, dan kalsium 4%.

Susu kelapa dapat dikonsumsi secara langsung sebagai minuman kolak dan bajigur, selain itu bisa juga dikonsumsi untuk campuran bahan makanan kaldu, opor serta sebagai bahan pembuatan aneka kue.

  1. Susu Beras

Susu beras atau tajin merupakan susu yang dibuat dari bahan beras. Beras dapat diolah sehingga menghasilkan susu beras, tetapi yang paling baik adalah jenis susu dari beras merah.

Susu beras mengandung vitamin B12, vitamin B3, karbohidrat, zat besi serta kalsium. Susu beras bermanfaat bagi tubuh karena susu beras bebas lemak dan kolesterol, susu beras dapat membantu pembentukan tulang dan gigi, selain itu juga menyehatkan jantung serta banyak mengandung antioksidan.

  1. Susu Biji Rami

Susu biji rami memiliki banyak kandungan nutrisi yang besar daripada susu sapi. Untuk setiap 1 cangkir susu biji rami, mengandung sebesar 100 kalori serta 400 miligram kalsium.

Susu biji rami tidak mengandung kolesterol serta mengandung asam lemak omega 3 sehingga susu biji rami aman untuk dikonsumsi penderita kolesterol.

  1. Susu Almond

Susu almond memiliki kadar lemak tak jenuh rendah selain itu juga mengandung laktosa. Susu ini sangat baik dikonsumsi orang – orang yang mempunyai gangguan kolesterol serta penyakit jantung. Kandungan nutrisi untuk satu cangkir susu almond diantaranya : Kalsium 200 miligram, Kalori 60 kalori, Serat 1 gram, Karbohidrat 10 gram, Protein 2 gram, Lemak 2,5 gram, Kalium 180 miligram, dan Gula 7 gram.