12 Ide Souvenir Haji dan Umroh

12 Ide Souvenir Haji dan Umroh

Senin, 24 September 2018 Uncategorized 76 Ashilla Zahra

Haji dan umroh memang menjadi impian dari suluruh umat muslim, tak hanya di Indonesia namun juga dunia. Umumnya para jamaah haji maupun umroh akan mendapatkan banyak tamu yang berniat untuk mendapatkan doa dari para haji atau jamaah umroh tersebut. Dan untuk menyatakan terima kasih, para jamaah haji dan umroh tersebut memberikan souvenir sebagai pengganti oleh-oleh.

Memang hal ini bukanlah tradisi maupun suatu kewajiban, namun ini hanyalah sebuah keinginan tersendiri dari jamaah guna memperlihatkan rasa syukurnya. Bila anda salah satu dari jamaah tersebut, maka anda boleh memberikan para tamu anda souvenir ataupun tidak. Berikut beberapa souvenir yang bisa anda bagikan ke para tamu anda usai menjalankan ibadah ke tanah suci.

1. Tasbih

Umumnya souvenir haji maupun umroh berupa souvenir yang berbau keagamaan, salah satunya adalah tasbih. Selain murah, tasbih juga diharapkan dapat bermanfaat dan meningkatkan keimanan para tamu dengan memperbanyak dzikir. Tasbih yang dijadikan souvenir juga dapat berupa tasbih manik- manik yang umumnya digunakan, maupun tasbih digital yang lebih praktis dan murah.

2. Mukenah

Nah, bagi tamu anda yang perempuan, anda bisa memberikan mereka mukenah, selain bermanfaat mukenah juga memiliki arti bahwa anda mengajak para tamu anda untuk lebih giat beribadah kepada Allah SWT. Guna menghemat budget, anda bisa memilih mukena dengan bahan dasar kain parasut. Selain ringan, tipis dan mudah dibawa, mukenah ini juga lebih murah dibandingkan mukenah katun.

3. Kerudung

Bila masih berat dengan mukenah, ambil pilihan berupa kerudung. Kerudung berjenis kain paris lebih umum digunakan, lebih murah dan juga memiliki banyak varian warna. Selain itu, saat ini kerudung dengan bahan tersebut juga sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Bisa pula anda memilih kerudung instan ataupun kerudung lain yang lebih elegan sesuai dengan keinginan anda.

4. Sajadah

Ada mukenah, ada pula sajadah. Bila tadi souvenir untuk tamu perempuan, sajadah cocok untuk tamu anda yang laki- laki. Sajadah bersifat umum, memiliki kebermanfaatan yang banyak serta memiliki arti untuk mengajak lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.

5. Minyak wangi

Minyak wangi secara umum banyak dijadikan souvenir haji dan umroh. Berkiblat pada sunah rosulullah SAW, minyak wangi menjadi pilihan unik suntuk anda.

6. Kurma

Buah kurma yang identik dengan negara timur tengah juga cukup menarik untuk dijadikan sebagai souvenir. Bukan hanya akan lebih menghemat budget anda, kurma juga bermanfaat bagi kesehatan para tamu anda nantinya.

7. Sarung

Sarung seperti halnya mukenah dan sajadah, namun sarung lebih bernilai agak mahal dibandingkan dengan souvenir yang lain.

8. Air zam-zam

Saat musim haji ataupun umroh tiba, air unik satu ini yang paling di tunggu dari jamaah haji maupun umroh. Air yang keluar dari sumber air di Mekah ini amat sangat dihormati keberadaannya, sebagai salah satu bukti kekuasaan Allah SWT. Oleh- oleh air zam-zam dapat menjadi pertimbangan unik untuk anda meskipun hanya sedikit.

9. Payung

Mungkin payung menjadi hal yang tidak biasa dalam souvenir haji maupun umroh di Indonesia. Namun tahukah anda, setiap souvenir diharapkan kebermanfaatannya bagi si calon penerima atau tamu- tamu anda. Dengan demikian souvenir payung bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk anda yang baru pulang dari tanah suci.

10. Gelas kaca

11. Snack khas arab seperti kacang arab, kismis dan sebagainya

12. Kopiah

Jadi apakah anda sudah menentukan souvenir haji dan umroh anda?